Kenaikan Harga Buah Impor

Pada bulan Januari 2012 Mentri Pertanian telah mengeluarkan 3 Permentan mengenai kebijakan Buah Impor,hal ini dilakukan karena makin banyaknya buah impor yang ada di Indonesia sehingga banyak merugikan petani buah lokal.Setiap tahun harga buah impor selalu naik walaupun kualitasnya tidak sebagus buah lokal,hal ini tentunya akan banyak menguntungkan petani lokal agar dapat bersaing.

Ketua Asosiasi Eksportir Importir Buah dn Sayur Segar Indonesia mengungkapkan keoptimisannya akan berkurangnya pasokan Buah Impor pada bulan Maret ini karena ongkos kirim yang naik menjadi 10 juta per kontener,ditambah pengadaan gudang 10 miliar per gudang.Hal ini membuat para importir dapat berpikir 2 kali untuk menjual buahnya di Indonesia.

Permentan ini sengaja dibuat agar buah impor terus mengalami kenaikan harga karena disebabkan ongkos kirim yang mahal. Pengalihan pelabuhan pun merupakan strategi baru yang diterapkan Pemerintah bukan lagi di Pelabuhan Tanjung Priuk melainkan di Pelabuhan Tanjung Perak-Surabaya, Pelabuhan Belawan–Medan dan Pelabuhan Makasar. Hal ini dilakukan supaya para Importir merasa perlu untuk berinvestasi untuk sebuah gudang baru untuk menyimpan buah mereka. Bukan itu saja, menurut Banun Harpini Kepala Badan Karantina Pertanian menjelaskan kepada Sbobet News bahwa Permentaan inipun bertujuan untuk mencegah tanaman karantina dari penggangu organisme. Mungkin dampak yang baik dari Permentan ini sendiri adalah agar masyarakat lebih mencintai buah lokal ketibang buah impor karena sudah terbukti kalau buah lokal tidak kalah bagus dari buah impor.