Mobil Esemka uji emisi di Puspitek Serpong

Uji Emisi untuk mobil Esemka di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP), Puspitek, Serpong, Banten, hari ini berjalan lancar. Erzi Aqson Gani, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa pada jumpa pers di Serpong, Senin (27/2/2012) mengatakan bahwa kita sudah menyaksikan bersama bagaimana pelaksanaan uji emisi mobil Esemka yang dikomandani oleh Wali Kota Solo dan semuanya berjalan lancar.

Uji emisi mulai dilakukan sekitar pukul 13.15 setelah proses pendinginan selama enam jam dan berlangsung selama 20 menit. Uji emisi dilakukan oleh tiga orang penguji dan tiga orang pengawas dan disaksikan langsung lewat monitor dan dari ruang kaca oleh Wali Kota Solo, Jokowi dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Juga pakar telematika Roy Suryo, Anggota Komisi VII DPR Muhammad Syafrudin dan Juliaman dari Kementerian Perhubungan.

Hasil uji emisi tersebut belum bisa dikeluarkan oleh Kementrian Perhubungan RI. Lolos atau tidaknya uji emisi mobil Esemka Rajawali ini belum bisa diketahui pada hari ini karena masih harus melalui beberapa tahap. Hal tersebut berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan No. 9 tahun 2004 tentang pengujian tipe kendaraan bermotor.

Apabila lolos uji emisi, mobil Esemka baru bisa diproduksi secara massal dan telah mendapat kan sertifikat laik jalan dari Kementerian Perhubungan Darat. Usai uji emisi, mobil Esemka bernomor polisi AD 1 A tersebut kembali ke Solo dan dikendarai langsung oleh Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.