Pemerintah Tertibkan Kawasan Berikat

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Radjasa menegaskan, seusai rapat koordinasi dengan sejumlah menteri terkait di Jakarta, Jumat (2/3/2012), bahwa dalam waktu dekat, pemerintah akan menertibkan ribuan industri yang masuk sebagai kawasan berikat. Bagi industri yang memiliki luas industri kurang satu hektar, harus masuk ke dalam kawasan industri. Tenggat waktu ditetapkan pemerintah sampai tahun 2016.

Penyimpangan-penyimpangan yang bisa kemungkinan terjadi di kawasan berikat agaknya mulai dieliminir pemerintah. Mengingat, produk-produk Indonesia tampaknya kalah kompetitif dibandingkan produk impor yang kini membanjiri pasar domestik.

Hatta mengatakan, pemerintah melakukan penertiban dengan harapan industri bisa naik kelas . Disamping itu, pemerintah juga berusaha mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang selama ini dimungkinkan terjadi.Terkait dengan garmen memang kita memerlukan suatu penataan. Namun pemerintah juga memperhatikan bagaimana subkontraktor maupun industri-industri kecil dan menengah tetap bisa berkolaborasi dengan usaha industri garmen tersebut.