Jumlah Dana Pihak Ketiga Bank Danamon Mengalami Kenaikan

Bank Danamon Indonesia mengumpulkan dana dari pihak ketiga sebesar Rp 89 triliun sampai dengan akhir Maret 2012. Jumlah dana pihak ketiga tersebut naik menjadi 8 persen dibandingkan dengan akhir triwulan I-2011 yaitu Rp 82 triliun.

Vera Eve Liem, Direktur Bank Danamon Indonesia mengatakan, kenaikan jumlah dana pihak ketiga ini telah didukung oleh petumbuhan dana murah berupa giro dan tabungan sebesar 18 persen menjdi Rp 36 triliun. Lebih jelasnya lagi, giro tumbuh 33 persen menjadi Rp 13 triliun, sedangkan tabungan tumbuh 11 persen menjadi Rp 23 triliun.

Walupun demikian, pada trimulan pertama 2012, deposito tumbuh 3 persen menjadi Rp 53 triliun. Dan jumlah total dana murah ini masih lebih kecil dibandingkan dengan dana mahal berupa deposito. Deposito dapat dikatakan dana mahal karena memberikan suku bunga yang lebih besar dibandingkan dengan giro dan tabungan sebagai dana murah. Namun, besaran suku bunga itu dibatasi suku bunga penjaminan yang dikeluarkan Lembaga Penjamin Simpanan.

Depositi Bank Danamon Indonesia yang pertumbuhannya jauh lebih kecil daripada giro dan tabungan masih mendominasi sumber jumlah dana pihak ketiga Danamon dengan porsi 59,55 persen dari total jumlah dana pihak ketiga. Adapun dana murah mencapai 40,44 persen dari total DPK Danamon. Dan pada saat ini, ternyata suku bunga penjaminan untuk simpanan rupiah di bank umum sebesar 5,5 persen. Simpanan yang suku bunganya lebih besar daripada suku bunga penjaminan tidak dijamin oleh LPS.