Western Digital Meluncurkan Sentinel DX4000 Penyimpan Data Hingga 25 Perangkat

Western Digital (WD) meluncurkan perangkat penyimpanan dengan rasa cloud. Produk ini bernama Sentinel DX4000 yang berfungsi sebagai media penyimpanan praktis yang bisa ditaruh di mana saja. entinel DX4000 ini merupakan perangkat media penyimpanan terpusat untuk jaringan LAN (Local Area Network), seperti halnya cloud, namun infrastruktur media penyimpanannya dapat terlihat secara fisik.

Dengan kemampuannya untuk dapat menyimpan data yang terhubung hingga 25 perangkat (PC atau laptop berbasis Windows atau Mac), Sentinel DX4000 ini merupakan solusi akses jarak jauh yang ideal bagi perusahaan maupun Usaha Kecil Menengah (UKM). Meskipun perangkat ini hanya mendukung hingga maksimal 25 perangkat komputer, tetapi kegunaannya patut dipertimbangkan bagi perkantoran maupun bisnis kecil. Kategori perangkat ini adalah small medium business. Namun yang kita targetkan adalah very small business untuk penggunaan sebanyak 10 user, dan small business untuk penggunaan hingga 25 user.

WD Sentinel DX4000 juga didukung oleh 3 paket layanan pelanggan purnajual, diantaranya WD Guardian Express yakni menawarkan penggantian komponen pada hari berikutnya termasuk biaya pengiriman dan penanganan. Semua fitur yang ada di Sentinel DX4000 ini bisa untuk data protection. Terdapat pula dua port ethernet, kita bisa sambungkan perangkat dengan dua internet provider, apabila salah satu putus, maka secara otomatis port yang satunya akan dapat menggantikan ke ethernet port. Lalu, WD Guardian Pro yaitu menawarkan kesepakatan dukungan selama satu tahun dengan layanan WD, penggantian komponen secara cepat dan akses prioritas dengan dukungan teknis. Kemudian, Guardian Extended Care yaitu layanan yang memperpanjang garansi produk dari standar 3 tahun menjadi 5 tahun.

Dengan fungsi maupun fitur canggih yang ditawarkan Sentinel DX4000 ini, perangkat dibanderol seharga USD1029 untuk retail dengan kapasitas penyimpanan 4 TB dan USD1525 untuk kapasitas penyimpanan 8 TB serta garansi selama 3 tahun.

Perangkat Sentinel DX4000 ini memiliki aplikasi yang tersimpan, yaitu Dashboard dan LaunchPad. Dashboard berfungsi untuk melakukan pengaturan seperti create user, menentukan level akses data, membuat folder baru dan sebagainya. Sedangkan Launchpad dapat dioperasikan oleh pengguna, seperti mengakses data, membuka folder, dan remote akses. Lalu, yang menarik dari aplikasi dashboard ini, memiliki fungsi monitoring, untuk melihat status, temperatur dari perangkat komputer.