Penjualan Mobil Di Bulan Maret Meningkat

Data terbaru dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyatakan jika penjualan mobil pada bulan Maret 2012 meningkat hingga mencapai angka 87.761 unit. Padahal pada bulan sebelumnya yaitu Januari penjualan hanya pada angka 76.365 unit dan pada bulan Februari mencapai angka 86.407 unit. Total penjualan selama trimester pertama di awal tahun 2012 ini juga meningkat, dari angka 225.739 unit pada awal tahun 2011 meningkat jadi 250.533.

Data dari GAIKINDO menyatakan jika Toyota masih mendominasi angka penjualan dengan total penjualan 33.363 unit. Namun data tersebut lebih kecil dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai angka 33.593 unit. Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan penurunan penjualan disebabkan oleh pasokan komponen kendaraan yang terhambat karena demonstrasi yang dilakukan oleh karyawan PT. Astra Otopart Tbk. Sebenarnya pada awalnya penjualan ditargetkan mencapai angka 35.000 unit, namun hal itu terhambak karena aksi tersebut.

Selain itu masalah banjir yang terdapat di Thailand juga mempengaruhi pasokan komponen kendaraan. Jika masalah demonstrasi dan pasokan komponen dapat diatasi, diharapkan angka penjualan dapat naik dan mencapai target yang telah ditetapkan. Namun, tetap ada kabar baik bagi Toyota karena data GAIKINDO menyebutkan penjualan ritel Ford pada bulan Maret mengalami peningkatan hingga menncapai angka 821 unit. Angka tersebut lebih besar 15% dari angka penjualan pada bulan Februari