Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu

Tawangmangu berada sekitar 40 km dari kota Solo. Terletak di area pegunungan yang dikelilingi hutan dan perbukitan membuat udara di Tawangmangu cukup sejuk dan menyegarkan. Banyak obyek wisata alam yang terdapat di kawasan ini seperti Candi Sukuh, Candi Cetho, Air Terjun Jumog, dan salah satu yang cukup ramai dan banyak diminati adalah Grojogan Sewu.

Air terjun Grojogan Sewu yang dalam bahasa Jawa, Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Namun jumlah air terjun yang ada tidak benar-benar berjumlah seribu, hanya ada beberapa titik air terjun saja. Tinggi air terjun yang paling tinggi mencapai 80 meter. Di musim hujan, air terjun akan mengalir deras hingga mengenai percabangan di sekitar tebing. Sebaliknya, jika masuk musim panas beberapa air terjun tampak kering dan tidak berfungsi dengan baik.

Jalan menuju Grojogan Sewu cukup mudah. Banyak jalur angkutan umum yang akan mengantarkan Anda ke tempat ini. Harga tiket masuknya pun cukup murah, Rp 5.000 saja. Dari pintu masuk, persiapkan kaki Anda untuk menapaki anak tangga sepanjang kurang lebih 500 meter untuk sampai ke air terjun. Hati-hati, karena kadang anak tangga ini sangat licin apalagi jika sehabis hujan. Suasana alami sepanjang perjalanan menuju air terjun membuat perjalanan tidak terlalu terasa melelahkan. Namun berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda karena banyak monyet atau tupai yang melintas usil mengambil kaca mata atau makanan ringan yang Anda bawa.

Bukan hanya obyek wisata alam, Anda juga bisa berbelanja atau membeli oleh-oleh di Pasar Tawangmangu yang rapih, bersih, dan aman. Di pasar ini tersedia aneka macam cinderamata khas Tawangmangu atau hasil bumi yang segar dan murah meriah seperti buah dan sayuran.

Bagi Anda yang suka berpetualang, cobalah datangi wisata alam Grojokan Sewu. Dijamin Anda pasti puas.