Ahmed Shaalan, pesumo pertama asal Arab

Abdelrahman Ahmed Shaalan (20 tahun), atlet sumo asal Mesir ini menjadi pesumo pertama yang berasal dari benua Afrika mau pun tanah Arab. Ia berambisi menjadi seorang Yokozuna atau juara sejati, dengan demikian olah raga tradisional Jepang ini mendapat angin segar .

Abdelrahman Ahmed Shaalan,di atas ring mendapat nama Jepang, Osunaarashi yang mempunyai arti angin gurun besar.Sekalipun menjalani latihan keras dan rutin sebagai seorang atlet sumo, dan namun sebagai seorang muslim Osunaarashi tidak pernah meninggalkan kewajiban shalat lima waktu.

Ia menjalani kehidupan sebagai seorang muslim meski berada di lingkungan yang berbeda. Ia tidak makan babi, minum sake (minuman keras yang terbuat dari beras) atau pun bir.Dan ia tetap berlatih selama empat jam sehari sekalipun pada saat bulan puasa di bulan ramadhan.Untungnya sebagian besar pertarungan sumo dilakukan pada malam hari. “Saya yakin bisa mengatasi semua tantangan saya,” kata Shaalan setelah memenangi dua pertandingan awal dalam karir profesionalnya di sebuah turnamen di Osaka.

Berasal dari Giza, Abdelrahman Ahmed Shaalan memiliki tinggi bandan 1.89 meter dan berat 145 kilogram. “Saya ingin menjadi pegulat (sumo) yang mewakili bangsa Arab dan Afrika,” katanya saat ditemui tim Ibcbet. Impian terbesar saya adalah menjadi seorang Yokozuna (juara Sejati).”

Sejak 1980-an, olah raga sumo telah menarik perhatian bangsa di luar Jepang, bahkan beberapa pesumo andal berasal dari luar Jepang seperti Hawaii dan Mongolia.