HID Global Sediakan Pengaman Pintu Dengan Smartphone

Kecanggihan teknologi bukan cuma bisa memudahkan orang saat berkomunikasi. Buktinya, hanya dengan menggunakan smartphone, kamu bisa mengamankan rumah, kantor atau apapun yang butuh akses unik. Adalah PT. Datascrip yang membawa teknologi anyar ini ke Indonesia. Namanya New Generation of iClass Card.

Dari data yang telah dihimpun tim bola tangkas kami, teknologi ini memadukan teknologi akses kontrol pintu dengan teknologi Near Field Communication (NFC) yang tersedia di smartphone generasi baru. Alat seperti ini bekerja dengan cara menempelkan smartphone di alat yang terhubung langsung dengan informasi (database) pengakses pintu. Cara ini bisa menggantikan sistem kartu akses yang saat ini jamak dipakai sebagai metode akses. iClass Card sendiri diproduksi oleh HID Global, perusahaan yang dikenal sebagai produsen perangkat akses dan identifikasi canggih, HID Global kemudian meramu sistem identifikasi yang aman serta berbasis perangkat bergerak (mobile) menggunakan iClass yang terpasang di BlackBerry yang diproduksi RIM. Kerjasama RIM dengan HID Global dalam menciptakan sistem pengamanan untuk menangkap peluang pasar yang lebih besar ternyata membuahkan hasil, yakni dengan menjadikan kemampuan NFC yang dimiliki RIM sebagai konsep dasar HID Global dalam mendesain teknologi iClass Card yang sudah diadopsi oleh semua operator telepon.

“iClass berteknologi NFC ini memiliki fungsi yang beraneka ragam seperti pembayaran kartu kredit, menjadi identifikasi pemilik SIM card telepon untuk dapat masuk ke fasilitas bangunan yang menggunakan sistem access control, dan pengaktifan perangkat nirkabel,” ujar Yenni Suhartanto, Marketing Manager PT. Datascrip. Sebagai awal, RIM baru mengaktifkan fungsi NFC di iClass Card di 2 tipe produk smartphone nya, BlackBerry Bold dan BlackBerry Curve. Kolaborasi dari RIM dan HID ini juga sudah diimplementasikan di Turki untuk melakukan pembayaran di merchant lokal maupun luar negeri dengan bantuan mesin pembaca khusus Mastercard PayPass. Memang, selain berfungsi sebagai pengganti kartu akses, teknologi ini juga bisa diimplementasikan untuk menangani pembayaran saat belanja, menggantikan kartu kredit.