Mandala Shoji persiapkan bisnis bagi anaknya

Zara Khanza Adila, seorang anak yang baru berusia 1 tahun adalah putri dari pasangan artis Mandala Shoji dan Maridha Denova Safriana. Memang Zara baru berusia 1 tahun, namun ternyata kedua orang tuanya telah menyiapkannya untuk menerima sekolah di bidang pendidikan bisnis haji dan umrah, yang kelak diharapkan akan menjadi bidang usaha dan profesi sang anak.

Mandala Shoji mencoba menjelaskan jika mungkin teman-temannya bingung kenapa putrinya yang baru satu tahun sudah dirancang bisnisnya. Mandala menyatakan tujuannya, bahwa ini bisnis bukan sekadar bisnis, tetapi ibadah juga karena bisnis tersebut bidangnya pemberangkatan umrah dan haji. Hal itu diungkapkannya saat sela perayaan ulang tahun pertama putrinya di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Menurut Mandala, penting bagi seorang anak memperoleh kemandirian sejak dini. Perhatian Mandala dan istrinya terhadap masa depan si buah hati terbilang sangat besar. Bahkan, sebelum umurnya genap satu tahun pun Zara sudah dimasukkan ke sebuah sekolah.

Hal itu ditegaskan pula oleh Maridha Denova Safriana, istri Mandala Shoji, bahwa mereka memasukkan Zara kesekolah sejak usianya 6 bulan. Hal itu dilakukan untuk melatihnya cara beradaptasi dengan teman, dengan lingkungan, dengan benda benda di sekelilingnya. Pendidikan memang sangat mereka utamakan, termasuk pendidikan agama. Sementara itu, upaya menanamkan pendidikan agama sejak dini, Mandala dan Denova akan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, dengan membawa Zara.

Mandala Shoji dan istrinya juga bersyukur melihat perkembangan sang putri, karena termasuk anak yang aktif. Bahkan, kedua orangtuanya sendiri sempat kerepotan meladeni si kecil. Menurutnya, hal itu baik karena Zara diyakini mampu menerima pendidikan yang baik sejak dini. Masalah perjalan umrohnya dia yakin sang anak mampu menempuh perjalanan jauh yang dijadwalkan berangkat 9 Mei mendatang. Bagi sebagian orang, mengikutsertakan seorang anak kecil dalam perjalanan jauh mungkin terdengar ekstrim. Tapi, Mandala ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya.