RIM Cari Penasihat Keuangan

Penurunan popularitas BlackBerry di dunia membuat Research In Motion (RIM) selaku produsen menempuh berbagai strategi. RIM mempertimbangkan untuk merekrut penasehat keuangan untuk meringankan beban dalam mencari langkah strategis.

Menurut Reuters, RIM mengutarakan strateginya saat melaporkan hasil kuartal terakhir pada akhir Maret. Mereka telah berpikir mencari partner, kesepakatan lisensi, dan patungan usaha. Bahkan, RIM sempat menimbang keputusan untuk menjual perusahaannya.

Juru bicara RIM, Tenille Kennedy, menolak menanggapi kabar itu. Kennedy beralasan sikapnya ini terkait kebijakan perusahaan yang belum bisa dipublikasikan.

Serangan pada keuangan RIM berasal pula dari tuntutan pelanggaran paten. Smartphone BlackBerry dan BlackBerry PlayBook telah dituduh melanggal paten desain, data transmisi, layar sentuh, dan fitur perangkat.

Perusahaan ini sedang berjuang untuk bertahan. Harga saham RIM telah menurun sekitar 80 persen dalam satu tahun terakhir. Pangsa pasarnya pun telah terkikis. (ren)