Aji Absen di 4 Laga Kualifikasi Piala Asia U-22

Aji Santoso kemunginan besar tidak akan ambil bagian di empat laga awal kualifikasi Piala Asia U-22, 23 Juni – 3 Juli 2012. Hal itu harus dijalani Aji, terkait sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

Aji sendiri secara resmi sudah dijatuhi sanksi oleh federasi sepak bola dunia tersebut. Hukuman yang harus dijalaninya antara lain, tidak boleh mendampingi tim di pertandingan internasional resmi FIFA dan wajib membayarkan uang denda sebesar 6.000 franc Swiss.

Sanksi sendiri diterima Aji manakala memimpin timnas Merah Putih saat dipermalukan Bahrain, 10-0, di laga pamungkas kualifikasi Pra-Piala Dunia (PPD) 2014 Zona Asia Grup E, 29 Februari lalu. Aji yang saat itu tidak puas dengan beberapa keputusan Andre Al Haddad, sempat melontarkan perkataan ‘uang terlihat di sini’.

Sanksi-sanksi yang diterima Aji sendiri akan berdampak pada kepemimpinan Aji di timnas U-22 dalam menjalani Kualifikasi Piala Asia U-22. Karena posisi Aji di timnas U- 22, adalah ditugaskan sebagai pelatih kepala berdampingan dengan Widodo C Putro yang ditunjuk sebagai asisten pelatih.

“Aji kemungkinan besar tidak akan mendampingi timnas U-22 di empat laga Kualifikasi Piala Asia U-22. Kenapa kemarin kami tidak melakukan banding, karena kami memang tidak memiliki bukti-bukti dalam persoalan tersebut,” ungkap Direktur Legal PSSI, Finatha Rudi di Kantor PSSI, Jakarta, Senin Selain menegaskan bahwa Aji kemungkinan absen di empat laga Kualifikasi Piala Asia U-22, Finantha pun menjeskan PSSI akan membayarkan denda uang atas hukuman yang diterima Aji. Jika sebelumnya ada kabar, pembayaran tersebut akan dibebankan juga kepada sang pelatih, Finantha menyatakan jika PSSI yang akan membayar penuh denda yang diberikan.

“Sementara ini PSSI sendiri yang akan membayarkan semua denda yang dijatuhkan ke Aji. Kenapa begitu, karena Aji mewakili PSSI dalam pertandingan lawan Bahrain. Yang jelas, PSSI akan bertanggung jawab penuh atas sanksi tersebut,” terang Finantha.

“Untuk proses pembayarannya, kami masih menunggu surat pengajuan pembayaran dari pihak FIFA. Sampe sekarang memang belum ada suratnya, dan pasti kami akan menunggu kapan bisa diselesaikan pembayaran sanksi kepada Aji,” sambungnya.