Ubah Facebook Serupa Pinterest

Bosan dengan tampilan Facebook Anda? Wajah situs jejaring sosial populer ini dapat diubah dengan gaya Pinterest. Aplikasi Facebook terbaru, PinView dapat mengubah News Feed, Timeline, daftar teman, dan halaman multimedia menjadi panel kecil. Singkatnya, mirip galeri gambar pada Pinboard di Pinterest.

Aplikasi ini diluncurkan dengan slogan, “Jelajah Facebook seperti Jelajah Pinterest.”

Setelah Anda mengunduh aplikasi ini, PinView membuka News Feed Anda dalam format grid. Tombol pada bagian kanan atas dapat digunakan untuk melihat isi Timeline, profil teman, foto profil, foto, dan video.

Para pengembang PinView berencana meningkatkan aplikasi ini dengan fitur baru, seperti menyimpan foto favorit.

“Kami merencanakan untuk membuat Anda dapat mengelompokkan mereka berdasarkan popularitas dan properti non-realtime lainnya,” ujar co-developer Thomas Petersen seperti dikutip dari laman Mashable.com.

PinView mirip dengan aplikasi yang dirilis pada Januari, Friendsheet. CEO Facebook, Mark Zuckerberg sudah membubuhkan jempol “Like” pada layanan ini pada Maret.

Banyak laman telah menggunakan format grid sebelumnya. Tapi, Pinterest telah sukses mengangkat gaya desain ini untuk bisa dinikmati banyak orang.

“Ini populer karena Anda dapat dengan cepat melihat foto. Itulah kekuatan format ini,” ujar Petersen. Kendati Pinterest bukan penemu tampilan desain ini, tapi mereka menemukan cara menggunakannya dengan baik.

“Bayangkan jika Anda dapat menjelajah eBay dengan cara ini,” cetus Petersen.

PinView kini masih dalam tahap Beta. Cari saja di Facebook dengan nama PinView atau langsung ke link PinView. (hp).