Nonaktifkan Data di iPhone

Akhir-akhir ini timbul beberapa masalah yang kerap dihadapai oleh para pengguna iPhone. Salah satunya pengurangan pulsa secara otomatisyang dialami oleh beberapa pengguna, padahal pengguna tidak menjalankan aplikasi berbasis internet dan bahkan tidak menggunakan layanan internet.

Ternyata salah satu penyebab masalah ini adalah karena aplikasi yang berjalan di belakang sistem. Aplikasi yang dimaksudkan itu tidak terlihat namun menggunakan jaringan internet, seperti aplikasi Mail. Setelah diteliti kembali, ternyata fitur notification yang diaktifkan dari iPhone tersebut juga yang akan mengurs pulsa. Oleh karena itu, sebaiknya berlangganan la paket data internet dari provider seluler untuk menghindari masalah yang terjadi seperti ini.

Cara lain yang dapat dilakukan jika sama sekali tidak ingin menggunakan layanan data di iPhone. Caranya adalah menonaktifkan data, antara lain masuk ke menu setting > General > Network > Cellular Data Network > Cellular Data. Pada bagian APN, Username, dan Password, silahkan diisi dengan sembarang huruf atau angka. Dengan cara ini, ketika iPhone hendak menggunakan jaringan internet, pasti akan gagal karena authentication ke server provider tidak berhasil.