Versi Pratinjau Kedua Windows 8 Diluncurkan

Microsoft mengumumkan bahwa versi preview kedua Windows 8 akan tersedia di bulan Juni. Versi final dari Windows 8 pun disebut akan segera dirilis tahun ini.

Windows 8 dipersiapkan Microsoft untuk jadi perubahan radikal bagi perusahaan. Salah satunya adalah dengan menjaring pasar tablet, di saat pasar PC tradisional semakin melemah.

Presiden Windows, Steven Sinofsky mengatakan, rilis versi preview ini menjadi tanda bahwa Microsoft akan segera merilis versi final Windows 8. Meski tidak menyebut kepastian waktu, tapi sejumlah prediksi menyebut Windows 8 akan dirilis resmi pada Oktober mendatang.

Sinofsky sendiri memperlihatkan versi preview kedua sistem operasi ini di hadapan para delegasi yang menghadiri Windows Developer Days di Jepang.

Sebelumnya, seperti dilansir BBC, Sinofsky menyebut Windows 8 akan menjadi sistem operasi yang mengalami desain ulang paling signifikan, setelah Windows 95.

Akan ada sejumlah perubahan. Salah satunya adalah hilangnya menu “Start”, yang biasanya muncul di sudut kiri bawah. Sebagai pengganti, Microsoft menyiapkan menu berbasis sliding panel.

Windows 8 juga akan menyajikan tampilan antarmuka (user interface) baru yang dinamakan “Metro”. Sejumlah kendali berbasis gerak sentuh akan menghiasi “Metro”, di menu desain desktop.

Selain mampu berjalan di prosesor tradisional Intel dan AMD, sistem operasi ini juga akan bisa digunakan di perangkat dan tablet yang menggunakan prosesor ARM bertenaga kecil.

Pekan lalu Microsoft memang mengumumkan akan meluncurkan versi sederhana. Dengan demikian akan ada tiga versi Windows baru, yaitu Windows 8, Windows Pro, dan edisi ARM.

Microsoft pertama kali memperlihatkan Windows 8 kepada pengembang tahun lalu, dalam versi “developer preview”. Saat itu, Windows 8 disebut memiliki lebih dari 100.000 perubahan. Setelah itu, versi preview Windows 8 diluncurkan dan bisa dicoba publik pada bulan Februari lalu.