Bisnis Online Memicu Berkembangnya Internet Di Indonesia

Maraknya bisnis online di Indonesia disebabkan oleh boomingnya sosial media dan tren komunikasi online di Internet. Bisnis online yang semakin muncul ke permukaan berpotensi mendorong perkembangan koneksi data transmisi internet berkecepatan tinggi (broadband) di Indonesia. Dan menurut lembaga riset Forst and Sullivan memprediksi hingga tahun 2015 peningkatan bisnis ini akan mencapai 60 persen.

Namun menurut Wakil Presiden Frost and Sullivan Asia Pasifik Jayesh Easwaramony, memeprediksi bahwa pertumbuhan bisnis online di Indonesia bisa mencapai lebih dari 67 persen. Hal ini di terkait bersamaan dengan maraknya program-program pemerintah di Indonesia di bidang infrastruktur dan teknologi yang ditunjang dengan regulasi memadai. Jayesh pun menambahkan, walaupun pendapatan dari pelaku pasar bisnis online di Indonesia saat ini masih minim, akan tetapi potensi pertumbuhannya terbuka lebar. Pada 2015, bisnis e-commerce dan konten digital lainnya akan mendatangkan pendapatan mencapai 1,8 miliar dolar AS.

Sementara itu ditempat berbeda, Direktur Frost and Sullivan Indonesia Eugene van de Weerd mengatakan kepada tim Sbobet news, dari sisi perusahaan, peluang lebar untuk bisnis online dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan pelayanan. Dan nilai yang diprediksi mencapai tiga miliar dolar AS pada 2015 mendatang. Pertumbuhan itu disebabkan semakin banyaknya ekspansi pusat-pusat pelayanan data dan jasa (data center). Pemainnya adalah pengusaha-pengusaha domestik dan internasional yang bergabung dengan sistem integrasi yang berkesinambungan.