Desain Google Phone Masa Lalu Mirip BlackBerry

CALIFORNIA – Perseturuan antara Google dan Oracle membuka beberapa hal menarik. Salah satunya adalah purwarupa Google Phone pada 2006 silam.

Purwarupa ini mungkin saja merupakan nenek moyang yang akan diikuti semua ponsel Android. Desainnya mengingatkan orang pada BlackBerry dengan papan ketik QWERTY dan layar LCD kecil di setengah bagian atas handset.

Diwartakan TechSpot, Jumat (27/4/2012), alasan Google terjun ke pasar smartphone adalah kekecewaan pada tampilan antarmuka dan kesulitan mengintegrasikan perangkat lunak pihak ketiga. Ketika mengemukakan ide tersebut pada T-Mobile, raksasa mesin pencari itu berencana memasangkan teknisi ahlinya dengan unlimited data plan.

Dua tahun setelahnya, T-Mobile G1 hadir sebagai ponsel cerdas Android pertama. G1 memiliki layar sentuh dan papan ketik slide. Namun, menurut kabar yang diungkap situs The Verge, layar sentuh tampaknya bukan rencana Google. Sebaliknya, spesifikasi dasar dari Google adalah soft key menuju menu.

Dokumen tentang Google Phone dari masa lalu juga mengungkap beberapa spesifikasi yang diharapkan untuk handset Android masa depan. Google mensyaratkan jaringan GSM, minimal RAM 64MB, slot miniSD, kamera setajam 2 megapixel dengan tombol shutter dan minimal prosesor ARM secepat 200MHz.

Sebagai tambahan, Google juga berharap melihat handset besutannya memiliki fitur minimal layar QVGA setajam 320×240, 16 bit warna, dukungan USB dan Bluetooth 1.2. Perusahaan yang bermarkas di California itu juga berniat memasukkan Gmail, Google Talk serta Google Calendar pada tahun peluncurannya