Teguh dalam Menetapkan Pilihan

Luciano Pavarotti pernah bercerita tentang bagaimana ia menjadi seorang penyanyi. Pada waktu muda, sang ayah membuatnya belajar menyanyi dan ia belajar dengan sungguh-sungguh. Pavarotti mengikuti pelajaran vokal dari seorang tenor profesional dan juga kuliah untuk menjadi seorang guru. Ketika lulus, ia mengalami dilema, menjadi penyanyi atau menjadi guru. Ia bertanya kepada ayahnya bagaimana memilih karier. Ayahnya menjawab, “Kalau kamu duduk diatas dua kursi, kamu akan jatuh diantara kedua kursi itu. Dalam hidup, kamu harus duduk hanya pada satu kursi.”

Ya, orang yang mengejar dua ekor kelinci sekaligus biasanya tidak akan mendapatkan seekor kelinci pun. Mengapa? Karena ia tidak fokus. Lihatlah orang yang mempunyai berbagai keahlian, tetapi sering kali ia hanya menjadi pribadi yang biasa-biasa saja karena tidak benar-benar menekuni profesinya. Ia memang mampu di berbagai bidang, tetapi tidak menjadi mahir. Bukankah dokter spesialis lebih dibayar mahal daripada dokter umum? Karena itu sebuah fokus sangat penting, bukan?

Brian Tracy berkata, “Seseorang dengan bakat, keinginan, dan pendidikan rata-rata dapat mengalahkan para genius, jika mempunyai tujuan yang jelas dan fokus mencapainya.”

Karena itu, hari ini sudahkah Anda memfokuskan diri untuk melakukan tugas Anda? Lakukanlah karena orang yang berusaha duduk di dua bangku pada akhirnya akan jatuh.