Quality Test Berkala Bikin Jaringan Indosat Tetap Gesit

Jaringan seluler besar dengan pengguna yang juga banyak sudah pasti butuh perawatan khusus agar tetap kuat. Dengan melakukan pengujian rutin sebagai bagian dari perawatan, kualitas jaringan bisa selalu terpantau, masalah yang ada pun bisa cepat diidentifikasi dan diselesaikan. Inilah yang dilakukan Indosat terhadap jaringan miliknya, terutama yang dipakai untuk jalur data (3G/H5DPA) yang belakangan tumbuh pesat.

Pengujian yang dilakukan oleh divisi Network Quality Improvement (NQI) lndosat ini untuk mengukur sesehat apakah jalur nirkabel Indosat di daerah tertentu dan waktu-waktu sibuk. Dalam sesi pengujian jaringan akhir April lalu di Jakarta, tim Indosat menyambangi tiga tempat yang dianggap mewakili titik paling sibuk mereka adalah area pusat perbelanjaan (Plaza Senayan), pusat bisnis (Wisma BNI 46), dan sentra perdagangan seluler (Roxy).

Di pusat perbelanjaan, pengujian yang dilakukan menggunakan layanan Speedtest milik Dokla menunjukkan throughput download di kisaran 5-6Mbps, sementara di pusat bisnis dan sentra selular, throughput jalur indosat menunjukkan angka 1-21/40s. Selain dengan Speedtest, jaringan juga diuji menggunakan metode browsing web dengan melihat video YouTube, dan mengunduh file di iTunes.