Aubameyang, Pemain Harapan Baru Dortmund

Pierre-Erick AubameyangBorussia Dortmund adalah sebuah runner-up LIga Champions musim lalu yang tengah memperbaiki diri, dan musim ini mereka beruntung karena baru saja merekrut seorang pemain potensial dalam diri Pierre-Erick Aubameyang, seorang pemain yang bahkan dikagumi oleh Robert Lewandowski, oleh karena hatrick yang dicatat Aubameyang ketika melawan Augsburg pada 11 Agustus lalu. Lewandowski menyatakan kekagumannya dengan cara memuji kecepatan Aubameyang yang dianggap sebagai pemain paling cepat yang pernah ditemui.

Aubameyang, kelahiran Gabon 18 Juni 1989 adalah seorang pemain yang mampu beroperasi sebagai striker. Ia mungkin adalah seorang striker yang kokoh, dengan tinggi dan berat badan yang lumayan untuk seorang striker, 185cm/74kg. Tampaknya Aubameyang adalah tipe striker oportunis dengan kemampuan menembak, kecepatan, dan naluri penyelesaian yang tinggi.

Karir Aubameyang sendiri mulanya tidak terlalu cemerlang. Klub pertamanya sepanjang karir profesionalnya sebagai pemain sepakbola dimulai di AC Milan, di mana ia tidak mendapatkan sedikitpun kesempatan bermain. Klub kemudian meminjamkannya ke Dijon pada 2008/09 di mana ia mendapat kesempatan bermain sebanyak 34 kali dan mencetak 9 gol.

AC Milan kemudian meminjamkannya lagi ke Lille semusim kemudian, di mana ia bermain sebanyak 14 kali dan mencetak 4 gol. AC Milan kemudian meminjamkannya ke AS Monaco pada musim 2010/2011 (19 kali turun/2 gol).

AC Milan kemudian menjualnya ke Saint-Ettiene setelah meminjamkannya setahun di klub yang sama. Di Saint-Ettiene, Aubameyang mencetak 38 gol dari 80 penampilan. Kini ia berkarir di Borussia Dortmund, dan sampai saat ini telah diturunkan sebanyak 7 kali dan mencetak 5 gol.

Agaknya karir Aubameyang di Jerman meningkat pesat, terbukti dari penghargaan pemain terbaik di pekan pertama Bundesliga. Ia mencetak hart-trick pertamanya di pertandingan tersebut, yang menjadikannya sebagai pemain Dortmund pertama yang mampu mencetak trigol di debut pertamanya.

Dalam sejarah bundesliga, Aubameyang menjadi pemain keenam yang sanggup mencetak trigol di pertandingan perdananya. Efektivitas striker kelahiran Gabon tersebut semakin terlihat karena ia mencetak trigol hanya dari empat tembakan ke gawang yang semuanya akurat!