Profil Klub ASC Fiorentina

ACF FiorentinaSalah satu tim unggulan di Serie A Italia asal Florence ini menjadi salah satu kandidat peraih scudetto di musim ini setelah para pemain mereka tampil cukup baik sejak awal musim.

ACF Fiorentina atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fiorentina adalah salah satu klub papan atas di Serie A Italia saat ini. Lahir di kota Florence Italia, klub ini memiliki nama panjang ‘Associazione Calcio Firenze Fiorentina SpA’. Eks Klub dari Stevan Jovetic ini mendapatkan julukan Viola, hal itu karena klub ini cenderung dikenal dengan warna Ungu, baik di logo klub maupun jersey utama yang mereka kenakan. Berikut adalah profil dan sejarah singkat klub Fiorentina .

Nama Lengkap Klub      : Associazione Calcio Firenze Fiorentina SpA (ASC Fiorentina atau Fiorentina)
Tanggal Berdiri               : 1926 sebagai AC Fiorentina, 2002 sebagai ACF Fiorentina
Stadion Saat ini               : Stadio Artemio Franchi, Florence, Italia
Kapasitas Stadion           : 47,290 orang/ penonton
Julukan KLub                  : Viola, Gigliati
Pemilik Klub                    : Diego dan Andrea Della Valle
Presiden Klub                  : Mario Cognigni
Kepala Manajer/Pelatih   : Vicenzo Montella
Bermain di                       : Serie A Italia
Situs Resmi Klub              : it.violachanel.tv

Fakta Menarik dan Sejarah Klub Fiorentina :

– Fiorentina yang bermarkas di Kota Florence, Italia memiliki sebuah stadion sendiri yang bernama Arthemio De Franchi yang berdiri sejak tahun 1931. Klub ini sendiri dijuluki sebagai La Viola yang berarti Ungu. Warna ungu sendiri adalah Ciri khas dari klub ang lahir pada tahun 1925 itu sendiri.

–  Berbicara mengenai sejarah, Klub ini dulunya adalah 2 klub sepak bola asal Florence bernama CS Firenze dan PG Libertas, yang mana kemudian di tahun 1926, Luigi Ridolfi mengusulkan agar kedua klub tersebut sebaiknya bergabung menjadi satu klub sebagai wakil kuat dari kota Florence. Rencana itu pun akhirnya terealisasikan, dengan nama AC Fiorentina ketika pertama kali berdiri yang kemudian berubah menjadi ACF Fiorentina 11 tahun silam.

– Sedangkan jika berbicara soal prestasi, sejauh ini Fiorentina baru mengoleksi 2 gelar juara Serie A Italia, dan 6 Gelar juara Coppa Italia.